Sistem Pendukung Keputusan Penjualan menggunakan Market Basket Data mining Assosiasi

Sistem Pendukung Keputusan Penjualan menggunakan Market Basket Data mining Assosiasi - Market basket analysis adalah suatu metodologi untuk melakukan analisis buying habit konsumen dengan menemukan asosiasi antar beberapa item yang berbeda, yang diletakkan konsumen dalam shopping basket (keranjang belanja) yang dibeli pada suatu transaksi tertentu. 

Tujuan dari market basket analysis adalah untuk mengetahui produk-produk mana yang mungkin akan dibeli secara bersamaan. yang akan memunculkan rekomendasi produk yang bisa terbeli ketika membeli barang tertentu. dengan metode ini meningkatkan penjualan lebih menguntungkan dan memudahkan lokasi peletakan barang juga lebih efisien.
Sistem Pendukung Keputusan Penjualan menggunakan Market Basket Data mining Assosiasi
Sistem Pendukung Keputusan Penjualan menggunakan Market Basket Data mining Assosiasi








Analisis asosiasi atau association rule mining adalah teknik data mining untuk menemukan aturan asosiasi antara suatu kombinasi item. Interestingness measure yang dapat digunakan dalam data mining adalah :
  1. Support, adalah suatu ukuran yang menunjukkan seberapa besar tingkat dominasi suatu item atau itemset dari keseluruhan transaksi. 
  2. Confidence, adalah suatu ukuran yang menunjukkan hubungan antar dua item secara conditional (berdasarkan suatu kondisi tertentu). Metodologi dasar analisis asosiasi terbagi menjadi 2 tahap, yakni melakukan analisa pola frekuensi tinggi (frequent pattern) dan berikutnya adalah proses pembentukan aturan asosiasi.

No comments:

Post a Comment